Senin, 04 Januari 2010

Tugas 4 (Media Jaringan)

Repeater adalah suatu perangkat dengn program sbg penghubung untuk mengatasi masalah teterbatasan jarak,kuat sinyal. tapi mempunyai keterbatasan panjang kabel yg tidak boleh d lampaui,dan tidak bisa digunakan pada data link dengan layer bebeda.

HUB memiliki cara fungsi yang sama dengan repeater tapi sudah mensupport interface yg berbeda spt Token Ring, Ethernet dll. jika Hub tdk berfungsi mk smua Workstation juga ikut mati, transfer data lambat karena data akan dikirim k smua workstation walaupun hanya satu komputer yang membutuhkannya yang menyebabkan network traffic.

Switch Lebih cerdas dari Hub karena switch dapat memisahkan data yang diperlukan agar tidak terjadi network traffic, sehingga akses data dapat lebih cepat. tapi hal ini menyebabkan harga switch jadi lebih mahal.

Bridge berfungsi sebagai alat untuk menjembatani antar jaringan komputer, bekerja pada lapisan kedua pada model OSI (lapisan data-link).menggunakan pengalamatan MAC address

Router prinsip kerja hampir mirip dengan Bridge tapi bekerja pada lapisan ketiga pada model OSI ( lapisan jaringan) yakni IP, dan juga hampir mirip dengan switch, akan tetapi jika switch adalah penghubung untuk membentuk suatu jaringan,nah router adalah penghubung antara suatu jaringan dengan jaringan yang lain, biasa digunakan untuk jaringan Internet.Router sangat cerdas karna dapat kita setting suatu alur atau peta untuk mengirimkan suatu data,dan juga secara otomatis bisa membuat tabel routing sendiri dgn menganalisis data yang biasa dikirim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar